Kamis, 05 Februari 2009

sungai Lematang pun berBisiK


Sungai Lematang pun Berbisik...

Masih tentang perjalanan ke kota Pagaralam. Ketika berada di antara kota Lahat dan Pagaralam, kita akan menyaksikan indahnya sungai Lematang. Airnya terus mengalir, memgalir dan mengalir dengan anggunnya. Seolah berbisik, “aku adalah makhluk Allah yang tak pernah putus asa. Aku selalu bergerak mengalir, mengikuti tarian alam semesta.”
Ya, jika kita mau meluangkan waktu sejenak untuk berusaha memperhatikan gerakan dan tarian air di sungai Lematang atau di sungai mana saja, maka ‘telinga’ hati kita akan mendengarkan bisikan-bisikan tersebut.
Sebelum sampai di kota Pagaralam, kita akan melewati salah satu tempat wisata yang indah dengan air terjunnya. Tempat ini memang indah dan mempesona laksana namanya, Air Terjun Lematang Indah. Tidak seperti di sungai lematang, suara air di tempat ini terdengar lebih keras. Terpaan air di bebatuan yang jatuh dari ketinggian menimbulkan suara menderu yang begitu keras. Ditempat ini, air tidak sekedar berbisik tetapi seolah berteriak kepada kita,
Ooooooooi,
Jika anda tunduk pada keputus-asaan,
Maka anda tak pernah belajar apapun
&tak pernah mencapai kebahagiaan.....
Teruslah berbgerak, bergerak dan bergerak sepertiku.....
Air tak pernah peduli ataupun menyerah dengan apapun yang mengahadangnya. Ia selalu bergerak mengalir. Dan ketika ada penghalang di depannya, ia akan mencari celah kemudian mengalir mewujudkan harapannya untuk sampai ke lautan dan kemudian melakukan sirkulasi. Ia pun tak pernah putus asa dalam melakukan tugasnya, memberikan kehidupan bagi makhluk Allah yang lain. Seperti yang difirmankan Allah dalam kitab-Nya.
Agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak.
(QS. Al-Furqaan:25)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar