Senin, 29 Desember 2008

Biarkan Allah Menghapus & Menggantinya...

Biarkan Allah Menghapus & Menggantinya.....

Seorang kawan menuliskan dalam kolom fs-nya:

Tulislah rencanamu dengan sebuah pensil, tapi berikan penghapunya kepada Allah. Izinkan Dia menghapus bagian-bagian yang salah & menggantikan dengan rencana-Nya yang indah di dalam hidupmu. Maka engkau akan bersyukur atas apapun yang terjadi...

Sebuah nasehat yang indah. Jika dilakukan dengan penuh ketulusan akan menuai ketenangan. Jika dijalankan dengan penuh kejujuran, akan berujung dengan kedamaian.

Prnah ada seorang sopir tua yang ditanya oleh majikannya tentang cuaca di hari itu. “Bagaimana cuaca hari ini?” tanya sang majikan. “Cuaca hari ini adalah cuaca yang saya sukai”, kata sang sopir. Dengan perasaan heran, sang majikan bertanya lagi, “Bagaimana bisa?”. Sang sopir lalu berkata, ”sudah sekian tahun dalam hidup saya, saya tidak selalu mendapatkan apa yang saya inginkan. Jadi saya belajar menyukai apapun yang saya dapatkan.”

Memang dalam perjalanan hidup kita, tak selamanya kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Jadi, adalah tindakan yang bijak jika kita slalu berusaha menyukai dan mensyukuri apa yang kita dapatkan. Tapi, bukan berarti kemudian kita hanya berpangku tangan. Kerja keras harus ada. Kemudian diikuti dengan kepasrahan.

Pasrah bukan berarti kita berpangku tangan. Pasrah yang sesungguhnya adalah berusaha sekeras mungkin dengan berbagai strategi dan kemudian menyerahkan hasilnya kepada Allah. Dengan begitu, ketenangan dan kedamaian akan selalu menghinggapi hati kita. Karena kita yakin sepenuhnya, bahwa belum tentu yang kita inginkan adalah yang terbaik menurut Allah. Dan bisa saja, apa yang tidak kita inginkan, justru yang terbaik untuk kita dalam pandangan Allah...

Semoga ayat berikut bisa menjadi renungan buat kita,

“...Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah :216)

1 komentar: