Selasa, 23 Desember 2008

Cinta Tanpa Syarat...

Cinta adalah kata yang selalu indah sepanjang zaman. Sedap dipandang bagaikan bunga yang indah dan enak di dengar laksana lantunan lagu yang merdu.

Cinta bukanlah sekedar kata yang indah. Ia juga merupakan perasaan yang bisa membuat segalanya menjadi indah dan bisa membuat kita belajar dan bersyukur akan keberadaannya. Dalam Al-Quran surat ar-Ruum ayat 21 Allah bercerita tentang cinta dan menyebutnya sebagai tanda-tanda kebesan-Nya.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa cinta (mawaddah) dan kasih sayang (rahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.

Pada ayat ini Allah menggunakan kata mawaddah yang berarti cinta yaitu perbuatan-perbuatan untuk cinta berupa penghormatan, penghargaan, kata-kata yang baik dan kedekatan emosional. Selanjutnya dengan mawaddah itu kita akan menghasilkan rahmah, yaitu kasih sayang yang menjadi landasan cinta tak bersyarat, cinta yang tulus. Cinta tanpa syarat adalah cinta yang dibangun untuk cinta itu sendiri, bukan untuk memperoleh hasil dari cinta yang kita berikan.

Jika metode hubungan ini digunakan dalam lingkungan keluarga, maka akan terbentuk keluarga yang harmonis dan bahagia. Dan jika diterapkan dalam lingkugan sosial, maka akan terbangun sebuah hubungan sosial yang kokoh. Hubungan yang di bangun untuk hubungan itu sendiri, bukan untuk memperoleh hasil dari hubungan itu.

1 komentar: