Sabtu, 27 Desember 2008

Semuanya Kecil, Allahu Akbar!....

Untuk bisa menikmati indahnya hidup, kita harus sadar bahwa sebagian besar masalah yang kita hadapi sebenarnya adalah masalah-masalah kecil. Namun masalah-masalah tersebut seringkali membuat kita marah, bingung, gelisah dan sedih.

Memang tidak semua masalah yang kita hadapi dalam hidup adalah masalah-masalah kecil. Tetapi jika kita mau meluangkan waktu sejenak untuk merenungkannya, maka akan tampak bahwa sebagian besarnya adalah masalah-masalah kecil. Tetapi bagaimana kita kita bisa membedakannya?......

Ketika masalah-masalah itu datang, tanyakan pada diri kita, apakah kita masih memikirkannya 2 tahun kemudian setelah masalah itu menimpa kita? Jika setelah 2 tahun kita tidak lagi memikirkannya, berarti masalah itu hanyalah masalah kecil yang tidak penting.

So, mengapa kita harus membiarkan hal-hal tak penting merampas keindahan hidup yang seharusnya kita nikmati. Adalah tindakan yang bijak jika kita mau melihat masalah dalam kerangka yang lebih luas. Dengan begitu, kita akan merasa damai karena tidak lagi meributkan hal-hal yang kecil.

Bahkan dalam cara pandang yang lebih bijak lagi, semua hal yang ada di dunia ini hanyalah hal-hal kecil. Semuanya. Benda yang paling berharga sekalipun dapat hilang dalam sekejap dengan mudah. Lalu, jika semuanya hilang dari hidup kita, apakah kita tidak berhak lagi menikmati indahnya hidup? Jelas tidak! Semuanya hanyalah hal-hal kecil, Allah-lah yang Maha Besar!....

1 komentar: