Sabtu, 22 November 2008

Siapa yang Harus Berbenah?..

tidak jauh berbeda dengan di tahun 2007, pada tahun ini kita masih disibukkan dengan berbagai macam bencana Alam. Bencana-bencana tersebut tidak hanya terjadi di negeri kita, tapi juga di berbagai belahan dunia. Itulah sebabnya pada bulan Desember tahun lalu, diadakan konferensi yang membahas tentang pemanasan global.

Bencana alam seperti banjir, air laut pasang, longsor sampai dengan meluapnya sungai yang menghentakkan kita akhir-akhir ini memunculkan banyak pertantanyaan, siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas peristiwa-peristiwa ganjil tersebut? Apa penyebabnya? Pertanyaan yang menggelitik ini mengundang banyak komentator di negeri kita untuk menjawab. Tak sekedar menjawab, bahkan ada juga yang saling menyalahkan.

Mungkin tidak ada salahnya jika kita merenungkan apa yang dikatakan Allah dalam alQuran surat Ar-Ruum ayat 41 tentang hal ini.

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Jika kita mencoba menggunakan kaca mata alQuran dalam memandang masalah ini, maka penyebab kerusakan yang terjadi saat ini adalah kita sendiri. Banjir yang melanda, hutan yang gundul, satwa yang hampir punah, kerusuhan yang terjadi sampai kekacauan ekonomi, semua disebabkan oleh ulah sebagian kita yang terlalu tamak dan mengabaikan KESEIMBANGAN dalam hidup...

1 komentar: