Rabu, 07 Januari 2009

Memaafkan itu indaH....

Kesempurnaan manusia terletak pada ketidak sempurnaannya....

Hanya Allah-lah yang Maha suci dana Maha sempuRna.....

Memberi maaf kepada orang lain akan menjadikan perasaan kita lebih tentram, lebih damai dan lebih bahagia. Tidak hanya itu, kita akan menjadi lebih bijak jika mau mengganti kebiasaan menyalahkan orang lain dengan kebiasaan memafkan. Selanjutnya hidup kita akan terasa lebih indah karena berjalan seiring dengan tarian alam semesta.

Kunci memaafkan adalah memahami ketidak-tahuan. Banyak orang yang melakukan kesalahan karena ketidak-tahuan. Mereka menganggap apa yang mereka lakukan sbagai sebuah kebenaran, namun yang sesungguhnya itu adalah kesalahan yang menyakiti orang lain.

Dan kalaupun mereka sengaja melakukannya, itupun sebenarnya mereka tidak tahu. Mereka tidak tahu kalau kejahatan yang mereka lakukan adalah untuk diri mereka sendiri. Imbasnya akan kembali kepada mereka, dalam waktu yang dekat atau lama. Seperti itulah hukum alam atau sunnatuLLah, tidak ada perubahan. Penuh kepastian.

Semoga dua ayat berikut bisa menjadi renungan buata kita,

...kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunnatullah itu. (QS. Al_Fath [48]:23)

Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan. (QS. Asy-SyuRa [42]:43)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar